Nilai tukar rupiah ditutup melemah tidak tebal pada perdagangan Selasa (30/5/2017). Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah 3 poin atau juga 0, 02% ke level Rp13. 323 per dolar AS sesudah diperdagangkan pada kisaran Rp13. 309 – Rp13. 342 per dolar AS.

Kurs Spot Rupiah Ditutup Stagnan

Mengenai pada perdagangan Senin (29/5), rupiah ditutup melemah 0, 26% atau juga 20 poin di level Rp13. 320 per dolar AS.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta menyampaikan rupiah tertekan pada dolar berbarengan sebagian besar kurs di Asia pada perdagangan mulai sejak Senin tempo hari.

“Selain itu, desakan jual yang berkelanjutan di pasar saham dan keinginan dolar tinggi mendekati Ramadan juga menolong depresiasi rupiah, ” ungkap Rangga dalam risetnya yang di terima KursDollar.co.id, Selasa (30/5/2017).

Disamping itu, indeks dolar AS yang mengukur kemampuan kurs dolar AS pada beberapa mata uang paling utama sore ini terpantau menguat 0, 05% atau juga 0, 051 poin ke level 97. 493 pada jam 16. 25 WIB.

Indeks dolar menguat bersamaan pelemahan euro dan juga poundsterling yang tertekan oleh ketidakpastian politik di Inggris dan juga zona Eropa.

Pergerakan Kurs Dollar BCA condong defensif sesudah bekas Perdana Menteri Italia Matteo Renzi menyampaikan pada hari Minggu kalau dari perspektif Eropa bakal masuk akal untuk Italia untuk mengadakan pemilu berbarengan dengan jadwal Jerman pada bln. September.

Komentar Renzi itu tingkatkan prospek pemilu awal sekalian mengakibatkan tindakan jual dalam utang pemerintah Italia pada hari Senin.

“Euro alami desakan akibat komentar Renzi yang mengesankan kecenderungannya untuk pemilu awal, ” kata Masafumi Yamamoto, kepala kiat valas di Mizuho Securities, diambil Reuters (Selasa, 30/5/2017).