Mengenal Hal Unik di Toraja yang Terkenal di Dunia

Tana Toraja adalah sebuah tempat yang sudah terkenal hingga penjuru dunia. Suatu tempat yang ditempati oleh suku Toraja ini memiliki beberapa budaya yang bisa dibilang unik. Hal Unik di Toraja ini sudah berlangsung lebih dari ratusan tahun. Karena para penghuni tempat tersebut masih berpegang teguh pada budaya yang diturunkan oleh nenek moyang. Nah, bagi kalian yang suka untuk berjelajah kesuatu tempat yang memiliki nilai budaya yang cukup kental, mungkin tempat ini sangat cocok untuk kalian. Tempat yang berada di darerah pegunungan ini memang akan menyuguhkan begitu banyak budaya yang terus dilesrarikan. Saat kalian masuk pintu gerbang pun sudah sangat terasa aura kekentalan dan ciri khas dari suku Toraja.
Sudah banyak sekali wisatawan yang datang hanya untuk melihat Hal Unik di Toraja. Tidak hanya wisatawan dari domestik saja, namun wisatawan manca negar juga sangat tertarik dengan budaya yang ada di salah satu daerah di Sulawesi Selatan ini. Tidak tanggung tanggung lagi jumlah wisatawan asing yang datang. Hal ini dikarenakan tanah Toraja memiliki kekhasan yang unik bagi para wisatawan asing. Bisa dikatakan unik karena budaya yang ada tidak selazimnya terjadi untuk era modern ini. Para wisatawan asing sangat menyukai hal tersebut. Karena hal yang tersebut sangat jauh berbeda dengan budaya di negara asal mereka.
Nah, berikut ini adalah beberapa Hal Unik di Toraja yang bisa kita nikmati saat berkunjung.

• Rambu Solo – budaya ini memang sangat dicari oleh para wisatawan. Karena budaya ini merupakan upacara pemakaman yang cukup unik di dunia. Ada beberapa urutan untuk melakukan upacara adat dari Toraja. Yang pertama adalah Ma’tudan Mebalun atau proses membungkus jenazah. Kemudian dilanjut Ma’roto, proses untuk menghias benang pada peti jenazah yang menggunakan benang emas dan benang dari perak. Lalu Ma’ Popengkalo Alang atau prosesi pengarakan jenazah yang ke lumbung untuk disemayamkan. Untuk proses penyemayaman tidak hanya membutuhkan waktu sebentar. Ada beberapa syarat dulu yang harus dipenuhi. Jika semua syarat sudah dipenuhi maka Ma’Palao atau proses pengarakan jenazah dari rumah adat Tongkonan ke area pemakaman yang biasa disebut Lakkian.

• Adu Kerbau – upacara ini juga dilakukan menjadi satu dalam upacara pemakaman Rambu Solo. Hal yang unik disini adalah harga dari kerbau yang dipakai. Untuk satu kerbau sendiri akan memiliki harga hingga ratusan juta rupiah.
Nah kedua upacara diatas merupakan Hal Unik di Toraja. Memang bagi kita upacara yang dilakukan kurang lazim terjadi di era modern sekarang. Namun bagi kaum Toraja hal tersebut harus dan wajib untuk dilaksanakan. Mengingat bahwa upacara tersebut adalah warisan dari para leluhur dari tanah Toraja.