Bagi anda yang sedang bertamasya di magelang, kebetulan dimagelang ada destinasi wisata yang sedang ngehits dan ramai diperbincangkan disosmed. Gunung yang berada di dusun wonokerto, desa ngargoretno, kecamatan salaman, magelang jawa tengah, menawarkan panorama pemandangan yang indah dan sempurna. Dikala saat pagi hari gunung ini memancarkan keindahannya berupa sunrise memukau bagi siapa yang melihatnya.

Nama gunung tersebut adalah gunung kukusan. Namun kalau dibilang gunung bukan tampak seperti gunung karena untuk menuju ke puncak gunung tersebuthanya membutuhkan beberapa menit saja, tidak seperti saat naik kegunung yang membutuhkan waktu berhari – hari agar sampai ke puncak.

Kalau aku sih lebih tepatnya seperti bukit kecil. Entahlah apapun namanya, entah itu bukit atau gunung tapi tempat tersebut mempunyai ketinggian 800mdpl.

puncak gunung kukusan

Gunung Kukusan Terletak di Perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah

Hemmm…..uniknya gunung kukusan ini melintang diantara 3 kabupaten yaitu kulon progo, magelang, dan purworejo. Untuk menuju ke gunung kukusan anda bebas mau melewati dari arah manapun. Namun pada kenyataanya banyak para wisatawan memilih jalur yogyakarta dan kemudian magelang, karena jalur tersebut jalannya mudah dan dekat.

Pagi hari atau sore hari adalah waktu yang tepat untuk  datang ke gunung kukusan karena selain melihat pemandangan susrise atau sunset yang indahnya luar biasa, ternyata gunung kukusan letaknya tak jauh dari kebun teh. Ibarat peribahasa sambil menyelam minum air dua pulau terlewati, sambil melihat panorama gunung kukusan sambil kita berkebun teh, hehehehehehe…..

Kebun teh ini letaknya di desa nglinggo, pagerharjo, samigaluh, kulonprogo. Jarak antara kebuh teh dengan gunung kukusan hanya sekitar 200 meter. Saat menyusuri bentangan tanaman teh hijau yang menjuntai berjejer rapi indahnya suasana disekitar kebun teh dan indahnya ciptaan lukisan tuhan, udara yang sejuk membuat anda betah untuk berlama – lama di situ.

Dua Puncak Di Gunung Kukusan

Ngomong – ngomong gunung kukusan ini mempunyai dua puncak yaitu puncak kendeng dan puncak dempok. Perbedaan dari kedua puncak kendeng dan puncak dempok yaitu puncak kendeng memiliki ketinggian yang lebih tingngi dari pada puncak dempok, sedangkah puncak dempok ketinggiannya lebih rendah. Jarak antara kedua puncak tersebut tidak jauh hanya dalam hitungan menit saja anda sudah bisa berpindah dari pucak yang satu kembali kepuncak yang sebelumnya tadi. Untuk sampai ke puncak gunung kukusan anda cukup mengikuti jalan setapak, anda tinggal mau pilih yang mana mau ke puncak kendeng atau kepuncak dempok??? kalau anda belok kekiri anda menuju ke arah puncak dempok tapi kalau anda belok ke kanan anda menuju ke arah puncak kendeng..

Bingung mau pilih yang mana mau ke puncak kendeng atau ke puncak dempok??? Menurut saya bagi anda yang baru pertama kali ke puncak gunung kukusan lebih baik semuanya dicoba dan supaya enggak penasaran. Dan dari situ anda bisa membedakan lebih bagus yang mana antara puncak kendeng dan puncak dempok, hehehehehehehe………..

Tapi bagi yang sudah pernah ke puncak gunung kukusan mereka akan langsung memilih naik ke puncak dempok karena di puncak dempok tempatnya lebih luas dapat menampung lebih banyak orang dan disertai fasilitas kursi – kursi yang terbuat dari bambu yang diperuntukan oleh para wisatawan. So sweat banget deeeeeeeh  dengan adanya kursi – kursi panjang yang berjajar rapi ini anda bisa memandangi pemandangan yang luar biasa indahnya, hamparan daun teh yang menjulang luas hijau dan gunung – gunung namapak terlukis indah dilangit biru. Dan tak lupa anda bisa memnfaatkan momen – momen ini dengan berselfi ria bersama teman, keluarga atau orang spesial, hehehehehe…… karena spot disini sangat instagrammable.

Bayangin saja dari atas puncak dempok ini anda disuguhi sajian pemandangan 8 puncak gunung yang ada dijawa tengah kereeeeenkan. Delapan puncak gunung tersebut adalah gunung merapi (2.968 mdpl), gunung merbabu (3.145 mdpl), gunung sindoro (3.136 mdpl), gunung telomoyo (1.894 mdpl), gunung ungaran (2.050 mdpl), gunung andong (1.726 mdpl), gunung sumbing (3.371 mdpl), dan gunung prau (2.565 mdpl).

Tak hanya itu apabila anda ke gunung kukusan saat memasuki musim penghujan dari atas puncak dempok anda akan terpesona dengan hamparan bukit – bukit nan hijau yang terbentang luas. Tapi jika anda datang saat musim kemarau sudah beda lagi pemandangannya tak sehijau waktu musim penghujan.

Perbedaan diantara kedua puncak dempok dan puncak kendeng hanya berbeda disensasi rasanya saja. Kalau puncak dempok lebih mengahdirkan suasana rasa takjub dan terpesona oleh ciptaan tuhan yang telah menciptakan pemandangan yang indah yang berada disekeliling anda. Serta anda tidak dapat merasakan sensasi ketinggian berada diantara gunung – gunung yang ada sekitar anda.

Sedangkan kalau dipuncak kendeng kita dapat merasakan sensasi ketinggian diantara gunung – gunung yang tinggi. Puncak kendeng yang merupakan puncak tertinggi di gunung kukusan beredar mitos bahwa jika nama puncak kendeng diambil dari nama seorang bayi yang dikubur di puncak kendeng tersebut. Bayi tersebut masih rahim kerabat pangeran diponegoro dan nama bayi tersebut adalah pangeran kendeng yang meninggal saat masih bayi.

Sebagian orang percaya bahwa batu nisan besar yang berada di puncak kendeng merupakan batu nisan pangeran kendeng. Bedanya lagi puncak dempok dengan puncak kendeng yaitu kalua puncak dempok dapat memuat orang banyak sedangkan kalu puncak kendeng hanya muat untuk 5 orang saja. Pemandangan yang disajikan di puncak kendeng tak kalah indahnya dengan puncak dempok. Dari atas puncak kendeng anda dapat melihat view puncak dempok yang indah sekali. Bagi yang anda suka fotografi boleh berburu view dan spot yang indah dari atas puncak kendeng.

Sooooooo…..anda tinggal pilih puncak yang mana untuk menikmati sunrise atau sunset digunung kukusan, yang pasti ke dua puncak tersebut memiliki ciri khas sendiri – sendiri untuk melihat panorama alam di gunung kukusan. Saat berlibur digunung kukusan jadikanlah pengalaman yang tak terlupakan.

 

Akses Menuju Puncak Kukusan 

Untuk menuju gunung kukusan dapat ditempuh akses jalan melewati yogya atau magelang. Namun kebanyakan para wisatawan memilih melewati jalur jogja. Tetapi tidak ada salahnya anda mencoba melewati jalur magelang. Anda bisa melewati candi borobudur kemudian menuju kecamatan salaman. Setelah anda sesampainya di kecamatan salaman cobalah tanya kepada penduduk setempat alamat jalan menuju dusun wonokerto, desa ngargoretno. Setelah anda menemukan daerah yang bisa dijangkau dengan sepeda motor, anda bisa memarkirkan sepeda motor di rumah warga setempat. Karena untuk menuju ke gunung kukusan anda harus berjalan kaki dahulu dan jalannya cukup jauh. Akses jalan untuk menuju ke gunung kukusan inipun cukup agak sulit.

Ada tokoh pemuda desa ngargeretno, soim mengatakan bahwa untuk perjalanan menuju ke gunung kukusan sebenarnya lebih indah melalui salaman. Namun kondisi jalannya yang sangat sulit ditempuh dan seandainya ingngin melalui salaman harus menggunakan sepeda motor tril.

Tapi bagi anda yang ingngin melewati jalur yogya anda bisa melewati pasar godean kemudian kebarat menuju ke arah kulonprogo sampai anda bertemu perempatan naggulan. Dari perempatan tersebut anda belok kanan sampai anda bertemu perempatan dekso yang ada tugunya, yang kemudian anda belok kiri menuju ke arah samigaluh. Kemudian anda akan melewati beberapa balai desa yaitu balai desa purwoharjo, balai desa gerbosari dan balai desa ngargosari kemudaian akan bertemu pertigaan pasar plono kemudian ambail kanan menuju kebun teh nglinggo.

Sesampainya di kompleks kebun teh tersebut anda cukup berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke gunung kukusan. Perjalanan tidak sampai disitu saja, untuk mencapai puncak anda harus melewati jalan setapak yang terjal dan berbatu, tentunya perjalanan yang cukup melelahkan ya, hehehehehehe……tetapi ketahuilah sesampainya diatas puncak gunung kukusan semua rasa lelah akan terbayarkan dengan melihat pemandangan yang sangat indah.

Biaya Tiket Masuk Gunung Kukusan

Tenang harga tiket untuk menikmati pemandangan gunung kukusan sangat bersahabat dengan kantong anda yaitu anda cukup membayar Rp. 5.000 dengan rincian Rp. 3.000 untuk masuk ke desa wisata nglinggo dan Rp. 2.000 untuk ke wisata gunung kukusan murah bukan, hehehehehehehe……………..

Ramainya Pengunjung Saat Musim Liburan

Pastinya disaat musim liburan seperti ini kawasan gunung kukusan tidak pernah sepi pengunjung. Sehari gunung kukusan bisa dibanjiri pengunjung berkisar 200 sampai 250 orang dari berbagai daerah yang kebanyakan kaum pemuda dan suka dengan wisata alam. Dan tadi kita sudah bahas diatas bahwa yang kita tawarkan dari wisata gunung kukusan ini adalah anda dapat melihat pemandangan 8 gunung di wilayah seputar jogja dan tawa tengah. Dan ditambah lagi warga pagerharjo jogja berbondong – bondong membangun kebun teh dengan tujuan bahwa gunung kukusan dan kebun teh adalah satu kesatuan. Selain bisa melihat gunung anda juga bisa berwisata dikebun teh.

Dari tahun ke tahun jumlah pengunjung gunung kukusan meningkat tajam menandakan pemerintah setempat terus berupaya meningkatkan infrastruktur yang berada digunung kukusan guna memperbaiki akses jalan, kenyamanan pengunjung sampai pengawasan untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengunjungnya.

Mitos Seputar Gunung Kukusan

Namanya juga gunung pasti banyak mitos – mitos yang bermunculan di kalangan masyarakat  maupun terdengar sampai ketelinga pengunjung. Selain mitos penamaan puncak kendeng kukusan, beredar juga mitos dari ibu penjaga warung yang bercerita bahwa disekitar komplek gunung kukusan terdapat satu bongkahan batu besar yang berdiri dengan gagahnya berdiri di puncak gunung kukusan tersebut.

Konon katanya batu tersebut dulunya pernah oleh warga setempat dibawa turun ke bawah dengan tujuan membuka jalur gunung kukusan. Namun anehnya keesokan harinya batu tersebut sudah kembali diatas puncak lagi. Sampai berulang ulang warga membawa batu tersebut untuk diturunkan ke bawah tapi pada kenyataannya batu tersebut keesokan harinya berulang – ulang selalu berpindah ke atas puncak lagi. Dan akhirnya wargapun menyerah dan sepakat untuk tidak menurukan batu besar tersebut. Batu besar yang tadinya oleh warga mau dpindah kini justru dijadikan oleh pengunjung tempat berselfi atau tempat mengambil spot yang indah – indah.

Wisata Sekitar Gunung Kukusan

Bagi anda yang berlibur dikawasan gunung kukusan tidak ada salahnya mampir ke tempat wisata yang ada di sekitar gunung kukusan seperti tempat wisata puncak widosari, puncak suroloyo, grojogan watu jonggol, serta kebun teh nglinggo dan ada kopi khas suroloyo.

Bagaimana, pemandangan yang indah kan? yuk pilih paket wisata murah jogja bersama jpswisata.com