Struktur Teks Anekdot Berserta Ciri Ciri

Struktur Teks Anekdot Berserta Ciri Ciri – Pada kesempatan kali ini saya akan mebahas mengenai struktur teks anekdot berserta ciri ciri. Dalam hal ini kedua topik ini digunakan untuk membuat contoh teks anekdot dengan baik. Teks anekdot adalah karangan dari pengalaman pribadi yang ditulis secara sngkat, padat, dan lucu. Untuk tulisannya dapat bertema poliyik, eonomi, pendidikan, kritikan, sindiran dan lain lain. dalam teks tersebut tidak hanya untuk menghibur saja tetapi didalamnya juga terdapat hikah, amanat, mupun pesan moral yang didapat. Dalam teks anekdot tersebut juga terdapat ciri ciri yang terkandung didalamnya. Dalam hal ini ciri ciri teks anekdot berfungsi untuk membedakanny dengan jenis teks lainnya.

Struktur Teks Anekdot Berserta Ciri Ciri

Dalam contoh teks yang bagus terdapa struktur teks anekdot yang tersusun dengan rapi. Untuk jenis teks ini memiliki ciri ciri yaitu memiliki sifat yang lucu dan menghibur, ditujukan untuk orag yang penting, memiliki sfat menyindir, didalamnya terdapat tujuan yang tertentu, untuk ceritanya biasanya hampir sama seperti dongeng, untuk jenis karkterya dapat berupa hewan maupun manusia. Jenis teks ini memiliki struktur yang rapi dan dibentuk lebih teratur. Untuk jenis strukturnya ialah abstrakksi yaitu tahap awal di dalam paragraf. Dalam tahap ini basanya menggambarkan cerita didalamnya. Tahap kedua terdapat orientasi/

Orientasi pada struktur teks anekdot ini berguna sebagai latarbelakang dalam cerita sehingga memberikan latar peristiwanya. Selanjutnnya terdapat event yang berisi sekumpulan dari kejadian kejadian yang terdapat dalam cerita. Lalu ada krisis yang memunculkan faktor maslah pada ceritanya. Untuk menyelesaikan masalah yang ada terdapat struktur reaksi. Pada tahap ini masalah dapat diselesaikan dengan solusi. Kemudian terdapat koda yang merupakan tahap akhir dalam cerita. Disitulah terdapat perubahan pada tokoh terhadap masalah yang tibul sebelumnya. Kemudin terdapat reorientasi dalam struktur teks anekdot.

Reorientasi dalam struktur teks anekdot ini berguna untk menutup cerita. Dalam cerita ini terdapat tujuan pembuatan teksnya. Tujuan tersebut membuat alasan untuk penulis membuat karangan tersebut. Tujuan teks iniialah membuat pembaca menjadi tertawa, untuk menghibur, untuk mengkritik juga. Jenis teks anekdot juga memiliki kaidah kebahasaan yang perlu anda ke tahui. Kaidah tersebut meliputi penggunaan kata penghubung, menggunakana kata kerja, kejadiannya berlandaskan waktu, dan menggunakan kata lampau. Inilah hal hal yang diperlukan dalam pembuatan contoh teks anekdot. Semoga beranfaat. Terima kasih.